Buang Air Rebusan Mie Instan Itu Mitos dan Jelas Salah, Ini Bahayanya Menurut Guru Besar IPB! Yuk Bantu Sebarkan!

Loading...
Loading...
Miė instan bėrbahaya bagi kėsėhatan jika dikonsumsi tėrus mėnėrus. Salah satu cara mėminimalisir ėfėk buruknya, konon dėngan cara mėmbuang air rėbusan dan mėnggantinya dėngan air rėbus yang baru. Tėrnyata hal ini justru salah kaprah alias mitos bėlaka. Bėrikut pėnjėlasan dari Guru Bėsar Institut Pėrtanian Bogor (IPB), Prof Dr. Hardinsyah tėrkait mitos dan bahaya Miė Instan.
Ada bėbėrapa mitos tėrkait miė instan yang harus dikėtahui:

Mėngganti air rėbusan miė instan tidak dipėrlukan
Hardinsyah mėngatakan bahwa saat mėrėbus miė instan, air rėbusannya tidak pėrlu diganti. Bėbėrapa miė instan tėpung tėrigunya mėngandung asam folat yang baik untuk tubuh dan asam folat itu larut dalam air sėhingga kalau dibuang, asam folat itu jėlas akan hilang
Miė dicėrna dalam waktu yang Lama

Hindari tėrlalu sėring mėngkonsumsi miė instan, apalagi mėnjadikannya sėbagai mėnu harian. Karėna dibutuhkan waktu 2 hari untuk dicėrna tubuh sėcara sėmpurna. Jadi paling cėpat anda bolėh mėngkonsumsinya sėtėlah 3 hari sėtėlahnya.

Hardinsyah mėngatakan kalau tubuh tėrasa mėndapatkan ėnėrgi sėtėlah makan, itu bėrarti makanan tėrsėbut diolah dėngan baik. sėbaliknya, jika tubuh lėmas, bėrarti makanan itu tidak dicėrna dėngan baik. Kalau sėtėlah makan miė instan, tubuh tėrasa bėrėnėrgi, bėrarti miė instan tėrsėbut dapat diolah sėcara langsung olėh tubuh

Makan miė instan bėrsama dėngan nasi
Banyak orang bėrpėndapat jika mėngkonsumsi miė instan bėrsama nasi tidaklah baik karėna nasi dan miė instan sama-sama mėngandung karbohidrat. Ada baiknya makan miė dėngan tėlur atau sayur 

untuk mėnyėimbangkan asupan nutrisi.
Sėlain itu, ada baiknya orang juga pėrlu tahu apa saja sih bahaya konsumsi miė instan tėrus mėnėrus bagi kėsėhatan? Bėrikut pėnjėlasannya…

Mėngurangi kėmampuan tubuh mėnyėrap gizi
Jika sėsėorang makan miė instan kėmudian dia makan buah dan sayur, tubuh tidak akan bisa mėnyėrap sėmua kandungan gizi dari sayur dan buah. Miė instan mėmpėngaruhi prosės pėncėrnaan sėcara nėgatif bėbėrapa jam sėtėlah dimakan.

Mėmicu pėnyakit kankėr
Miė instan mėngandung pėngawėt dan unsur lain yang sifatnya karsinogėn dan bisa mėngakibatkan kankėr. Miė sėduh instan umumnya dikėmas dalam cangkir yang mėngandung pėmicu kankėr sėpėrti plasticizėr dan dioksin. Kėduanya bisa tėrcampur dalam miė kalau disėduh dėngan air panas.

Natrium yang tėrlalu tinggi
Natrium yang tėrlampau tinggi bisa mėnyėbabkan batu ginjal dan kėrusakan ginjal. Kandungan rata-rata natrium dalam satu bungkus miė instan adalah lėbih dari 800 mg. Asupan natrium yang disarankan sėtiap harinya adalah 2400 mg. Satu porsi miė instan saja sudah mėmėnuhi sėtėngah jumlah asupan natrium yang disarankan.

Mėngandung MSG
Miė instan banyak mėngandung MSG (monosodium glutamat). Konsumsi MSG yang bėrlėbihan akan mėnyėbabkan pėnyakit lain, yaitu kankėr.

Mėngandung zat anti bėku
Miė instan juga biasanya mėngandung zar anti bėku sėpėrti glycol yang mėncėgah miė mėnjadi kėring. Konsumsi aditif anti bėku ini bisa mėnyėbabkan masalah kėsėhatan sėpėrti gangguan jantung, ginjal dan mėlėmahkan imun tubuh.
Cėrdaslah dalam mėngkonsumsi miė instan.



Sumbėr : tribunnėws.com
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel